Pertumbuhan Sosial Dan Emosi Anak

<
Pertumbuhan Sosial dan Emosi Anak


Satu menit mereka cekikikan, berikutnya menangis. Itulah hari dalam kehidupan balita. Apakah Anda bertanya-tanya bagaimana mereka dapat memiliki kisaran emosi yang tampaknya berubah begitu cepat?
Balita juga berubah dengan cepat dalam hal pertumbuhan sosial dan emosional mereka.

Apa pertumbuhan sosial dan emosional?


Pertumbuhan sosial adalah kemampuan anak Anda untuk berhubungan dengan orang lain didunia yang berada disekitar mereka. Ini mungkin termasuk orang, serta hewan dan bahkan benda-benda.

Pertumbuhan emosi meliputi kemampuan anak Anda untuk memahami dan mengekspresikan emosi mereka.

Pertumbuhan sosial dan emosi balita meliputi:

  • Balita mulai ingin mencapai tugas secara mandiri. Hal ini dapat mengakibatkan seringnya penggunaan frase seperti "Saya bisa melakukannya" dan "tidak."
  •  Balita mulai memahami peran mereka,Balita mulai menentukan tempat dan peran mereka dalam komunitas mereka. Mereka ingin membantu.
  • Balita mungkin memiliki perubahan suasana hati yang cepat berubah. Beberapa ledakan mereka adalah hasil dari frustrasi mereka untuk menyelesaikan tugas, yang mungkin belum memiliki keterampilan untuk menyelesaikannya sampai berhasil (yaitu memakai baju atau sepatu mereka).

Bagaimana Anda dapat mendukung pertumbuhan sosial dan emosional anak Anda?


  • Memberikan pengalaman sosial yang positif untuk balita Anda. Yaitu mengenalkan anak bersosialisasi dengan bermain.
  •  Memberikan dukungan. Mama bisa memegang tangannya, dan menemani sebelum anak berpartisipasi atau masuk dalam situasi dan orang – orang baru.
  • Perkenalkan anak dengan orang baru dan hal baru. Mengajari anak Anda dengan kata-kata untuk memahami siapa, apa, di mana, dan kapan. Jika anak Anda menempel dekat dengan Anda, jangan berkecil hati. Nikmati saat itu, itu tidak akan lama, jika balita sudah beradaptasi,  balita akan pergi dan berjalan sendiri.
  • Ketika anak mengekspresikan emosi (senang, sedih, marah, frustrasi), berempatilah dengan anak Anda dan berikan mereka kata kata positif untuk memberikan semangat pada anak.
  • Ketika anak marah, mengamuk. Tetaplah tenang. Mama bisa membujuknya, Balita memang memiliki perubahan emosi yang cepat.