Tips Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

<
Tips Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi
Tips Meningkatkan Perkembangan Otak Bayi

Semua orang tua ingin anaknya cerdas. Menurut para ahli, ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan otak bayi bahkan sebelum kelahiran. Otak manusia mulai berkembang antara minggu pertama dan kedua dari perkembangan janin. Meskipun genetika memainkan peran, diet, olahraga dan bahkan  tingkat stres mama  juga berdampak pada perkembangan otak bayi Anda.


Jadi apa yang harus dilakukan oleh Mama? "Istirahat, makan makanan bergizi dan menjaga diri secara fisik dan mental," kata Nancy Aaron Jones, Ph.D., profesor psikologi dan ilmu biomedis di Florida Atlantic University, yang penelitiannya mengidentifikasi perkembangan optimal anak. "Janin sepenuhnya tergantung pada mama secara fisik dan psikologis," tambahnya.



Berikut adalah beberapa strategi khusus untuk membantu perkembangan otak bayi dari masih dalam kandungan:

  •  Asam Folat : sangat penting untuk perkembangan otak bayi. The US Department of Health merekomendasikan bahwa wanita hamil mendapatkan 400-800 mcg asam folat selama kehamilan. Kebanyakan wanita tidak bisa mendapatkan asam folat yang cukup melalui makanan saja, sehingga penting untuk mengkonsumsi vitamin prenatal sehari-hari dengan setidaknya 400 mcg asam folat.
  •  Hindari ikan yang mengandung tinggi merkuri  : yang dapat menyebabkan kerusakan saraf perkembangan otak bayi. Seperti hiu.
  • Minyak ikan. Omega-3 asam lemak (terutama DHA) sangat baik untuk perkembangan otak . The March of Dimes merekomendasikan bahwa wanita mengkonsumsi setidaknya 200 miligram saat kehamilan dan menyusui. Minyak ikan rendah merkuri (Salmon,  Sarden, Ikan air tawar atau makanan yang diperkaya DHA) merupakan sumber omega-3 asam lemak, Mama mungkin bisa mempertimbangkan untuk menambah suplemen vitamin harian yang mengandung setidaknya 200 mgs DHA selama kehamilan.
  •  Makanan yang berprotein. Pertumbuhan otak memerlukan energi ekstra, sehingga penting untuk meningkatkan asupan protein dalam kehamilan Anda. Panduan Kesehatan Otak, referensi dari salah satu organisasi filantropi terkemuka  penelitian otak, menyatakan bahwa Mama idealnya mengkonsumsi 6 sampai 7 ons mengandung protein makanan per hari (Sepotong ayam dan yoghurt).
  • Meninggalkan kebiasaan buruk. Merokok, penyalahgunaan alkohol dan narkoba semuanya telah dikaitkan dengan gangguan mental dan masalah belajar.
  • Tetap tenang. Berolahraga selama kehamilan Anda adalah ide yang baik, tapi jangan berlebihan, terutama selama trimester pertama. .
  • Hindari stress. Jaga pikiran Mama agar tetap tenang dan rileks. hindari kecemasan yang berlebihan dengan membaca seputar kehamilan dari buku atau bertanya pada orang yang lebih berpengalaman. intinya, jalani kehamilan dengan bahagia tanpa stress.