Panduan Pemberian Buah Pada Bayi

<
Panduan Pemberian Buah Dalam Ber-MPASI


Bayi Mama telah berumur 6 bulan?
Itu berarti bayi mama sudah mulai diperkenalkan dengan Makanan pendamping ASI atau MPASI. Termasuk buah-buahan.  Buah-buahan banyak manfaatnya yaitu mencegah sembelit karena mengandung serat, daya tahan tubuh,membantu pertumbuhan gigi, pertumbuhan fisik dan banyak manfaat lainnya.

Namun tunggulah dulu ada panduan yang butuh diketahui saat memperkenalkan buah-buahan pada bayi. Karena sebagai orang tua baru kita belum tau cara-cara memberikan buah yang baik untuk bayi. Dan pastinya harus lebih banyak lagi belajar dalam memberikan yang terbaik untuk buah hati kita. Apa saja ya ? yuk kita lihat Panduan Pemberian Buah pada bayi dibawah ini : 

  • Saat Mama memberikan MPASI pertama pada bayi, pemberian buah-buahan haruslah memperhatikan tekstur dan kandungan zat pada buah. Mama bisa memilih buah yang bertekstur lembut dan yang bisa diterima system pencernaan bayi , yaitu tidak asam, tidak bergetah dan bukan buah yang bisa menyebabkan alergi.
  • Mama Perlu memperhatikan porsi yang diberikan padi bayi. Yaitu dalam porsi kecil dan berikan sekali saja diantara waktu makanan Utama. Waktu Siang, Pemberian buah cukup 1-2 sendok teh. Dan berikutnya mama bisa tingkatkan porsinya sesuai dengan pertambahan usia bayi.
  • Berikan buah yang sama selama 2 atau 4 hari sebelum memperkenalkan dengan buah yang lain. Itu untuk memastikan apakah pencernaan bayi sudah siap atau mampu mengolah buah tersebut atau tidak. Jika pencernaan bayi belum siap biasanya ditandai dengan muntah atau mencret-mencret. Jika terjadi demikian, sebaiknya dihentikan dulu memberikan buah tersebut.
  • Jika Mama ingin menggabungkan 2 buah atau lebih, atau Mama ingin menggabungkan buah dengan sayur. Mama perlu memperhatikan perpaduan rasa nya. Yang terpenting rasanya jangan terlalu asam. Mencampurkan macam-macam buah bertujuan untuk memperkenalkan berbagai macam citarasa pada bayi. Tapi sebaiknya buah tersebut sudah dikenalkan satu persatu.
  • Tingkat kekentalan nya pun perlu diperhatikan.  Awal pemberian, berikan agak cair (semi kental). Kekentalan dapat ditingkatkan secara bertahap.
  • Hindari buah yang berserat panjang dan terlalu asam, contohnya sirsak karena bisa menyebabkan bayi tersedak. Dan tidak disarankan  buah yang mengandung alcohol. Contohnya : durian, cempedak, dan nangka
  • Mama bisa memilih buah yang berkualitas baik dan sebaiknya hindari buah kaleng atau yang diawetkan itu biasanya ditambahkan beberapa zat tertentu. Walaupun disebutkan bahwa zat tersebut aman, tetapi kalau bisa mendapatkan buah yang lebih segar akan lebih bagus. Dari Segi harga pun lebih murah dibandingkan dengan buah kaleng.